Minggu, 09 Januari 2011

MEMBACA WATAK MANUSIA DARI RAUT WAJAH

Berhubung ada yang protes gaya bahasa saya di banyak blog terdahulu terlalu formil dan agak berat bacanya..gua bikin bahasa sehari-hari aja deh he…he…

Sabtu pagi gua pergi ke glodok kota niatnya sih buat nyari yang namanya “Lem Polyurethane” yang kurang melulu untuk Prototype Produk karena ada perubahan skenario, padahal gua sudah dapat kiriman sampel gratis dari GE buat bikin prototype itu dan tujuan utama gua adalah ke salah satu distributor di gedung baru landeteves…tempat yang sudah 2 kali gua kunjungin dan sudah mulai akrab dengan pekerjanya….waktu masuk tuh tempat gua langsung disapa sama penjaganya yang langsung menghampiri yang kelihatan berseri-seri….ketika dia mengambil apa yang gua minta..terus gua bilang ke dia..”lagi nggak fit yah” …yang terus dia jawab ”Kok tahu Pak, saya kurang tidur Pak…” padahal dia sudah mengusahakan untuk menyembunyikan ekspresi wajahnya biar kelihatan ceria……. yang gua jawab langsung ”Saya bisa baca wajah”….jawaban saya sontak membuat karyawan lain yang umumnya wanita dan saya memang sudah lumayan akrab walaupun baru 2 kali ketemu… untuk meminta ”Membaca Wajahnya”..setelah saya bilang sifat dia seperti bla…bla…bla….dia kaget….”Tahu dari mana Pak???” nih cewek yang tergolong Periang dan lumayan cantik…manggilin teman-temannya yang kerja dibawah untuk keatas buat minta di bacain wajahnya…..yang otomatis membuat saya jadi tertahan di tempat ini karena sudah pakai disuguhin minuman dingin segala…. karena kebetulan saya juga lagi nunggu barang pesanan lain siap, akhirnya dengan senang hati saya ladenin aja, dari si A sampai si Z saya bacain wajahnya……, banyak yang terkaget-kaget darimana saya bisa baca sifatnya padahal baru ketemu…ada yang tertawa-tawa terpingkal-pingkal karena membenarkan sifat temannya…ada yang sampai curhat sifat pacarnya segala ke-gua apa cocok apa nggak dan bagaimana mengatasi permasalahan mereka berdua…busyet gua disangka dukun curhat kali yah he…he….tapi gua tetap mengasih jawaban dengan baik….tapi hampir apa yang gua omongin nggak ada yang meleset dan sesuai dengan kenyataan mereka dan mereka mengaminin….akhirnya cukup lama gua ditempat ini karena waktu terbatas gua pamit dengan dapat bonus buku agenda he…he….., ternyata gua lupa ada barang yang nggak gua beli karena asik ngobrol….pas gua balik busyet….kebetulan ada orang tua pekerja itu yang datang(mungkin boss-nya) minta di baca wajahnya juga karena rekomendasi anaknya he…..he……..Saya menolaknya dengan alasan ”Takut kualat” dan mereka ketawa..padahal gua terburu-buru karena waktu sudah mepet. Kejadian seperti ini bukan sekali tapi berkali-kali orang lain mengakui kebenarannya…dari Tukang somay, Tukang ojek, Tukang Film Bajakan, Tukang asongan,Tukang fotocopy, Pekerja yang kerja di distibutor elektronik(lumayan dapat diskon harga bagus dari cewek-cewek ini he..he…) dan banyak orang saya ketemui, termasuk chat di dunia maya pernah saya coba baca karakternya…sampai disangka anaknya ”madam Zahra” yang nggak gua tahu siapa tuh orang he…he… . Tujuan saya membaca lebih kearah memompa semangat dia…menyakinkan kapasitas terbaik diri mereka….., mengeluarkan sisi terbaik dia agar bisa maju.Termasuk saya menebak salah satu pengunjung salah satu Tempat perbelanjaan ketika saya bilang ke-dia ”Bapak pasti orang birokrat”…dia juga terkaget..kok tahu dek.??, saya eselon di departemen perhubungan katanya…, kekagetan itu beralasan karena ”mana mungkin pegawai negri memakai baju bebas di hari kerja dan berseliweran di mall”….

Kalau diambil benang merah dari mana asal kemampuan membaca wajah…saya juga agak sulit mengungkapkannya, karena itu sudah menyatu menjadi skill dari penerapan pengetahuan yang saya baca dari buku, ketemu banyak orang dan trial error dalam mencoba memahami maksudnya…

Hikmat yang saya dapat ternyata Tuhan menciptakan semua itu ada hubungannya dengan bagaimana ”Bumi ini dapat diurus, dipelihara dan di taklukan”

Balik ke bagaimana cara membaca wajah, ini pengalaman praktis yang saya buat:

1. Lihat wajah orang itu….lalu kita pikirkan siapa orang yang kita kenal yang wajahnya mirip orang itu dan kita tahu sifat dari orang yang kita kenal tsb. Umumnya sifat orang itu nggak akan jauh dari kesamaan wajahnya.

2. Dia ini termasuk dalam Sifat yang mana??, Dominan, Supel, Flamboyan atau Perfeksionis

* Orang dominan= Fokus terhadap tujuan, bisa mencapai beberapa tujuan dalam satu waktu, menghalalkan segala cara agar tujuan tercapai, raja tega

Ciri yang menonjol itu kalau bicara itu ”Kalau Aku….atau ”Saya mau kamu” , Tipe ini tipe pemimpin…

* Orang periang itu orangnya kurang disiplin, bisa menciptakan suasana rame, mudah stress, supporter yang baik, kurang disiplin, cepat mengambil keputusan(nggak mau ribet).

Paling mudah dibedain dari hobinya, biasanya kalau stress dia kerjanya makan, jalan sama nonton. Contoh orang yang kerjanya di dunia sales/marketing,EO atau PR.

* Flamboyan ini tipe yang susah di tebak…karena dia ini pemain watak

* Perfeksionis= Emphati atau perasaaannya tinggi, bisa menuntaskan masalah, detail dan rinci, tidak mudah dikalahkan masalah, rada plin-plan, penakut untuk beresiko, response terhadap sesuatu lebih lambat karena dia menganalisa dulu, tipe yangsukses kalau berani.

3. Langkah ke-3, orang ini tipe visual atau audiotory, kalau visual lebih mudah terpengaruh dengan apa yang dia lihat(biasanya matanya berbinar-binar kalau ngomong), sedangkan Auditory lebih ke apa yang dia dengar(wajah kurang berkspresi). Kita lihat dari perpaduan cara mata melihat dan ekspresi wajah yang tertarik atau tidak.

Tidak semua orang memiliki sifat tulen/ murni, kadang ada sedikit campuran biasanya itu terjadi karena pembentukan lingkungan, misalnya orang periang tapi kuliahnya ngambil akunting atau bidang Teknik, jadi sifat utama periangnya di tambahkan sedikit sifat perfeksionis.

Nah dari 3langkah ini coba kita lakukan mix ke pribadi orang yang mau kita baca wajahnya…., dan coba kita hayati wajahnya dan selami dengan perasaan(mata itu jendela hati…dari mata kita bisa lihat dirinya) maka kita akan bisa menebak orang itu kayak mana….. wajah yang kita tebak harus dalam keadaan yang natural atau tidak di buat-buat(Walaupun tetap masih bisa dibaca).

Itu sedikit pengalaman saya saat membaca wajah orang….dan yang paling sulit kalau menebak wajah karakter flamboyan(Seperti Roy marten atau Alpacino) kita pasti sulit…karena hatinya penuh dengan skenario… he….he….

Semoga kita dapat melihat sisi terbaik kita dan cara kita mengambil sikap.

Wish you luck….

0 komentar:

Poskan Komentar